Login
Register

Home

Profil PA

Transparansi

Layanan Informasi

Link Aplikasi

Arsip

Index Berita
images/banner/1.jpg
Perkara Diterima Hari Ini

Panggilan Perkara Ghaib

Perkara Belum Ambil PSP

Tanjungkarang 7 Juli 2017. Bertempat di aula Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung segenap pimpinan pengadilan agama se wilayah PTA Provinsi Lampung berkumpul dalam rangka mengikuti rapat koordinasi, yang dimulai tepat pukul 09 sampai dengan pukul 11.00 Wib.  lalu Ishoma sampai dengan pukul 13.30 Wib. Kemudian dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal, yang dimulai tepat pada pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.15 Wib, diawali dengan kalimat pembuka yang dipandu oleh pembawa acara. Suasana meriah dan bahagia nampak menghiasi wajah para hadirin dan tamu undangan yang memenuhi ruangan. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Maksum, MH. Dalam sambutannya KPTA. Bandar Lampung menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H. dengan tidak lupa juga menyampaikan “Minal Aidin Wal Faizin Mohon ma’af lahir dan bathin, Taqobbalallumina wa minkum Taqobbal Ya Karim” kepada segenap warga pengadilan agama se wilayah PTA. Bandar Lampung.

Selanjutnya KPTA Bandar Lampung juga tidak lupa memberikan pesan kepada seluruh Keluarga Besar PTA. Bandar Lampung, baik hakim maupun pegawai biasa agar menjaga keharmonisan hubungan antar keluarga besar PTA. Bandar Lampung, dan agar disiplin kerja serta meningkatkan sumber daya manusia, baik di bidang pendidikan (dengan kuliah S.1, S.2 bahkan kalau mampu melanjutkan kuliah S.3), etos kerja maupun hasil kerja nyata. Tidak ketinggalan KPTA. Bandar Lampung juga memberikan selamat dan sukses dengan memberikan Piagama Penghargaan kepada PA. Kotabumi yang telah meraih sekaligus mempertahankan juara satu di bidang SIPP dengan nilai tertinggi (85, 15 persen) di wilayah PTA. Bandar Lampung. 

Drs. H. Sanusi, M.H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Kotabumi didaulat oleh KPTA. Bandar Lampung untuk mengisi ceramah agama/tausiyah pada acara Halal Bihalal tersebut. Sebagai Penceramah atau Da’i kondang yang sudah melalang buana hingga ke beberapa daerah dengan piawai menyampaikan ceramah/tausiyahnya dengan bernas dan tegas. Dalam tausiyahnya beliau mengambil ibroh dari kisah Ashabul Kahfi yang terdapat dalam Surat al Kahfi ayat 19, yang mampu menjaga integritas dan memajukan bangsa dengan cara-cara yang luar biasa.

Dengan menggunakan metode tafsir kontekstual yang merujuk kepada kitab Tafsir “Kontemporer al Jawahir karangan Imam Tanthowi Jawhari dan kitab al Qur’an Wa Thobai’atuhu”. Pemaknaan ayat tersebut secara kontekstual menggambarkan dimana kondisi objektif sosial yang ada pada saat itu sedang mengalami kejumudan, kevakuman dan stagnasi (dalam berfikir, berbudaya dan kurangnya inovasi). Lalu dibangkitkan dengan semangat baru dalam konteks sosial dengan cara mengirim utusan untuk  menuntut ilmu, mengkitu Diklat-Diklat dan lainnya,  sehingga menjadi orang sukses dan menjadi Dirjen-Dirjen Ummat di perkotaan, maka otomatis tingkat kesejahteraan menjadi meningkat disekelilingnya. Begitulah pesan simbolis penceramah kepada segenap audiens untuk dapat dijadikan pencerahan dalam meningkatkan SDM keluarga besar wilayah PTA Bandarlampung. 

Demi menghangatkan suasana tak lupa beliau menyampaikan pantun indah yang disusunnya secara spontan. Salah satu pantun indah yang diucapkan beliau adalah :

Naik Kereta ke Way Kanan

Tidak lupa membeli es teler

        Pak KPTA orangnya dermawan

        Tidak lupa memberi THR.....

Bak Mobil isinya buah

Dibawa sopir ke prapatan Cibiru

       Pak Wakil orangnya lincah

       Semoga berhasil di tempat yang baru......

Sesehat sehatnya anak orang lain

Tidak akan sesehat anak opung

           Sehebat hebatnya PTA Lain

            Tidak akan sehebat PTA Bandarlampung..

Hitamnya hitam air kopi

Dipajang di Ciamis

           Hitamnya hitam Kang Sanusi

           Dipandang bertambah manis...

Penutup pantun tersebut disambut meriah dengan tepuk tangan oleh hadirin semuanya. Acara selanjutnya ditutup dengan doa pada pukul 15.30 WIB. Tim_IT_PA.Kotabumi.

mahkamah agung badilum dilmitum badilag JDIH MARI Badan Pengawasan MARI
pembaruan putusan asian lii pedoman perilaku hakim Pengaduan Balitbangkumdil Online
PTA Bandar Lampung PA Tanjung Karang PA Metro PA Kalianda PA Gunung Sugih
PA Tanggamus PA Tulang Bawang PA Krui PA Blambangan Umpu