Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Pengadilan Agama Kotabumi

Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
Pengadilan Agama Kotabumi

Delapan Area Perubahan

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan
Delapan Area Perubahan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Aplikasi Info Perkara

Aplikasi sebagai penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat menelusuri data perkara (daftar perkara sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Aplikasi ini dibangun oleh Admin Pengadilan Agama Kotabumi
Aplikasi Info Perkara

Aplikasi SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia. SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.
Aplikasi SIWAS
                             

Berita Seputar Kegiatan Pengadilan Agama Kotabumi

Sosialisasi SAPM, Assesor Internal Ajak Seluruh Pegawai Pahami Indikator Penilaian

Sosialisasi SAPM, Assesor Internal Ajak Seluruh Pegawai Pahami Indikator Penilaian

KOTABUMI- Tim Sertifikasi Akrediasi Penjaminan Mutu(SAPM) Pengadilan Agama Kotabumi menggelar sosialisasi kepada seluruh kepala Subbagian, staf dan karyawan baik yang bertugas di Kesekretariatan dan Kepaniteraan di Ruang Sidang Abu Bakar Siddiq, Kotabumi, Kamis, 05 Juli 2018.


Assesor Internal SAPM PA Kotabumi, H. Ahmada Satiri, S.Ag, M.H memaparkan, ada beberapa indikator yang menjadi prioritas dalam penilaian SAPM. Menurutnya, indikator itu antara lain terkait dengan Administrasi Manajemen, Kesekretariatan, Kepaniteraan, dan Sarana Prasana. "Masing-masing memiliki nilai yang berbeda, namun yang paling tinggi yakni penilaian Administrasi manajemen dengan porsi 40 persen," katanya di Ruang Sidang Abu Bakar siddiq.

Sementara untuk mendapatkan nilai SAPM dengan Predikat A Excelent, menurut Satiri, setidaknya pengadilan  perlu memperoleh nilai 86 hingga 100 persen dari indikator yang ada. Ia berujar, hal ini lebih berat dibanding sistem penilaian SAPM sebelumnya. "Kalau yang dulu itu penilaiannya lebih simpel," ucapnya.


Satiri mencontohkan, salahsatu hal yang akan dinilai oleh assesor eksternal yaitu terkait dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan di Pengadilan Agama Kotabumi. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, Satiri mengatakan pihak pengadilan bisa membuat survey secara manua maupun elektronik. "Misalnya membuat kotak kepuasan masyarakat yang disimpan di setiap meja atau ruang pelayanan," tuturnya.



Lebih lanjut, Satiri menjelaskan, dari survey itu pengadilan bisa mengetahui seberapa besar indeks kepuasan masyarakat. Bahkan, menurutnya dari hasil survey itu juga dapat mengevaluasi di mana kekurangan yang ada. "Intinya kita kan bekerja untuk pelayanan masyarakat," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Satiri menekankan terkait dengan pentingnya persiapan SAPM yang matang agar dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil maksimal.


Tidak hanya itu, Satiri juga menginstruksikan kepada seluruh stakeholder agar melakukan seluruh tahapan persiapan ini dengan baik dan benar. "Tujuan utamanya untuk meningkatan kualitas dan mutu Pengadilan Agama agar terwujudnya pelayanan publik yang maksimal," katanya.

Berdasarkan pentauan Tim IT, dalam kesempatan itu, Satiri juga mengajak seluruh peserta rapat untuk mensimulasikan pemetaan isu dan masalah yang menjadi prioritas untuk pemeriksaan SAPM. Satiri berpsesan agar setiap peserta rapat juga memahami secara komprehensif setiap hal-hal yang berkaitan dengan SAPM.

(ABDUL AZIS/TIM IT)


Statistik Perkara Diterima dan Diputus

Jadwal Sidang

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Kotabumi dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia