Login
Register

Home

Profil PA

Transparansi

Layanan Informasi

Link Aplikasi

Arsip

SOP Layanan Publik
images/banner/1.jpg
Perkara Diterima Hari Ini

Panggilan Perkara Ghaib

Perkara Belum Ambil PSP

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Pelayanan Publik dan Meja Informasi Pengadilan Agama Kotabumi

 

No

Uraian Kegiatan

Menit

Jam

Hari

Pelaksana

Penanggung

Jawab

 

PELAYANAN PUBLIK

         

A

PELAYANAN SARANA

         

1

Mempersiapkan information desk (meja informasi)

       

Wasek

2

Mempersiapkan ruang tunggu yang nyaman

       

Wasek

3

Mempersiapkan papan informasi

5

   

umum

Wasek

4

Mempersiapkan informasi profil dan dasar pengadilan

5

   

umum

Wasek

5

Mempersiapkan sarana ruang tunggu berupa air minum, TV, surat kabar dan lain-lain

5

   

umum

Wasek

6

Mempersiapkan toilet umum

5

   

umum

Wasek

7

Mempersiapkan kotak saran

5

   

umum

Wasek

8

Mempersiapkan tempat sholat

5

   

umum

Wasek

9

Mempersiapkan tempat parker

5

   

umum

Wasek

10

Menyediakan perlengkapan P3K

5

   

umum

Wasek

 

Lama Proses

40

       
 

PELAYANAN INFORMASI

         

1

Menunjuk petugas pelayanan meja informasi

 

1

 

PetugasInfo

PPID

2

Memberikan informasi yang berkaitan dengan hak-hak masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

15

   

PetugasInfo

PPID

3

Melayani permintaan informasi dengan memberikan blanko permohonan

5

   

PetugasInfo

PPID

4

Memberikan jawaban atas permintaan informasi

10

   

PetugasInfo

PPID

5

Memberikan taksiran biaya atas permintaan informasi

5

   

PetugasInfo

PPID

6

Memberikan Informasi profil dan pelayanan dasar pengadilan terdiri dari :

10

   

PetugasInfo

PPID

 

a.Fungsi, tugas dan yurisdiksi pengadilan

         
 

b.Struktur Organisasi Pengadilan

         

 

c.Alamat, telepon, faximile dan situs resmi pengadilan

         

 

d.Daftar nama Pejabat dan Hakim Pengadilan

         

 

e.Profil singkat Pejabat Struktural

         

 

f.Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pengadilan yang telah diverifikasi dan dikirim oleh KPK

         

 

g.Prosedur beracara untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan

         

 

h.Biaya yang berhubungan dengan proses penyelesaian perkara serta seluruh biaya hak-hak kepaniteraan lain sesuai dengan kewenangan, tugas dan kewajiban pengadilan

         

 

i.Agenda sidang

         

7

Memberikan informasi yang berkaitan dengan hak-hak masyarakat, meliputi :

     

PetugasInfo

PPID

 

·         Hak-hak para pihak yang berhubungan dengan peradilan, antara lain hak mendapat bantuan hukum, hak atas biaya perkara cuma-cuma, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan.

         
 

·         Tata cara pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan Hakim dan Pegawai;

         
 

·         Hak-hak pelapor dugaan pelanggaran Hakim dan Pegawai

         
 

·         Tata cara memperoleh pelayanan informasi, tata cara mengajukan keberatan terhadap pelayanan informasi serta nama dan nomor kontak pihak-pihak yang bertanggungjawab atas pelayanan informasi dan penanganan keberatan terhadap pelayanan informasi.

         
 

·         Hak-hak pemohon informasi dalam pelayanan informasi.

         
 

·         Biaya untuk memperoleh salinan informasi.

         

8

Memberikan Informasi yang berkaitan dengan program kerja, kegiatan, keuangan dan kinerja pengadilan, yang meliputi:

     

PetugasInfo

PPID

 

·         Ringkasan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan Pengadilan yang sekurang-kurangnya terdiri atas:

         
 

Nama program dan kegiatan;

         
 

Penanggungjawab, pelaksana program dan kegiatan serta nomor telepon dan/atau alamat yang dapat dihubungi;

         
 

Target dan/atau capaian program dan kegiatan;

         
 

Jadwal pelaksanaan program dan kegiatan;

         
 

Sumber dan jumlah anggaran yang digunakan, yang setidaknya meliputi Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA), dokumen anggaran lainnya seperti rincian DIPA, rencana kerja anggaran, proposal, dan sebagainya.

         
 

·         Ringkasan Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)

         
 

·         Ringkasan laporan keuangan yang sekurangkurangnya terdiri atas:

         
 

Rencana dan laporan realisasi anggaran; dan Neraca laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

         
 

d. Ringkasan daftar asset dan inventaris

         
 

·         Informasi tentang pengumuman pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait.

         

9

Memberikan Informasi yang berkaitan dengan laporan akses informasi yang terdiri atas :

10

   

Petugas Info

PPID

 

·         Jumlah permohonan informasi yang diterima.

         
 

·         Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permohonan informasi.

         
 

·         Jumlah permohonan informasi yang dikabulkan baik sebagian atau seluruhnya dan permohonan informasi yang ditolak.

         
 

1.       Alasan penolakan permohonan informasi.

         

10

Memberikan Informasi lain tentang prosedur peringatan dini dan prosedur evakuasi keadaandarurat di kantor Pengadilan

5

   

Petugas Info

PPID

11

Memberikan Informasi yang berkaitan dengan Perkara dan Persidangan yang meliputi:

30

   

Petugas Info

PPID

 

·         Seluruh putusan dan penetapan Pengadilan, baik yang telah berkekuatan hukum tetap maupun yang belum berkekuatan hukum tetap (dalam bentuk fotokopi atau naskah elektronik, bukan salinan resmi).

         
 

·         Informasi dalam Buku Register Perkara

         
 

·         Data statistik perkara yang mencakup jumlah dan jenis perkara.

         
 

·         Tahapan suatu perkara dalam proses penanganan perkara

         
 

·         Laporan penggunaan biaya perkara

         

12

Memberikan Informasi yang berkaitan dengan Pengawasan dan Pendispilinan yang meliputi:

15

   

Petugas Info

PPID

 

·         Jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan pengawas atau yang dilaporkan oleh masyarakat serta tindaklanjutnya.

         
 

·         Langkah yang tengah dilakukan Pengadilan dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran yang dilakukan Hakim atau Pegawai yang telah diketahui publik (sudah dimuat dalam media cetak atau elektronik).

         
 

·         Jumlah Hakim atau Pegawai yang dijatuhi hukuman disiplin beserta jenis pelanggaran dan jenis hukuman disiplin yang dijatuhkan.

         
 

·         Inisial nama dan unit/satuan kerja Hakim atau Pegawai yang dijatuhi hukuman disiplin, jenis pelanggaran dan bentuk hukuman disiplin yang dijatuhkan.

         
 

·         Putusan Majelis Kehormatan Hakim

         

13

Memberikan Informasi yang berkaitan dengan Organisasi, Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan yang meliputi:

10

   

Petugas Info

PPID

 

·         Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi,personel dan keuangan Pengadilan

         
 

·         Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan.

         
 

·         Profil Hakim dan Pegawai yang meliputi:

         
 

1. Nama;

         
 

2. Riwayat pekerjaan;

         
 

3. Posisi;

         
 

4. Riwayat pendidikan; dan

         
 

5. Penghargaan yang diterima.

         
 

·         Data statistik kepegawaian, yang meliputi, antara lain, jumlah, komposisi dan penyebaran Hakim dan pegawai.

         
 

·         Anggaran pengadilan maupun unit pelaksana teknis serta laporan keuangannya.

         
 

·         Surat-surat perjanjian yang dibuat Pengadilan dengan pihak ketiga berikut dokumenpendukungnya.

         
 

·         Surat menyurat pimpinan atau pejabat Pengadilan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, kecuali yang bersifat rahasia.

         
 

·         Agenda kerja pimpinan Pengadilan atau satuankerja.

         

14

Menerima Pengaduan Masyarakat

5

   

Petugas Info

PPID

15

Mengisi Register Permohonan Informasi

10

   

Petugas Info

PPID

16

Memberikan informasi berupa dokumen dengan berkoordinasi dengan penanggungjawab informasi

 

1

 

Petugas Info

PPID

17

Petugas Informasi berkewajiban menyusun laporan rutin bulanan kepada PPID mengenai pelaksanaan pelayanan Meja Informasi yang sekurang-kurangnya berisi:

   

1

Petugas Info

PPID

 

1. Jumlah permohonan informasi yang diterima selama bulan tersebut;

         
 

2. Jumlah informasi tentang perkara dan nonperkara yang diminta oleh Pemohon; dan

         
 

3. Jumlah permohonan untuk masing-masing jenis informasi yang diminta oleh pemohon selama bulan tersebut.

         

18

Menyusun laporan rutin setiap tiga bulan kepada Atasan PPID

   

1

PPID

Atasan PPID

19

Menerima Tamu dan memberikan informasi serta memandu pihak-pihak tertentu yang akan menemui aparat peradilan atau berurusan dengan peradilan

10

   

Petugas Info

PPID

20

Menerima dan memilah permohonan informasi

5

   

Petugas Info

PPID

21

Meneruskan permohonan informasi tertentu ke Penanggung jawab informasi

5

   

Petugas Info

PPID

22

Membantu dan menjalankan sebagian tugas PPID dalam memberikan layanan informasi sebagaimana diatur dalam pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

15

   

Petugas Info

PPID

23

Memberikan Formulir keberatan kepada Pemohon informasi yang ditolak permohonannya untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan

10

   

Petugas Info

PPID

24

Memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan

5

   

Petugas Info

PPID

25

Mencatat pengajuan keberatan dalam register keberatan dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID

   

2

Petugas Info

PPID

26

Memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada petugas PPID dengan tembusan kepada PPID

   

20

Atasan PPID

Penanggung jawab informasi

27

Menyampaikan atau mengirimkan keputusan atasan PPID kepada pemohon atau kuasanya dan ditembuskan ke PPID serta Humas

   

2

Petugas Info

PPID

28

Menyusun laporan rutin tahunan mengenai pelayanan informasi untuk disampaikan keSekretaris MARI

   

5

Atasan PPID

Penanggung jawab informasi

 

Lama Proses

35

0

29

   
 

TEKNOLOGI INFORMASI

         

1

Membentuk Tim Pengelola IT

 

1

 

Kepeg

KPA

2

Mengupdate dan melengkapi standar menu website

   

1

Tim IT

Umum

3

Menghimpun segala e-informasi yang berkaitan dengan kedinasan

 

2

 

Tim IT

Umum

4

Mencetak dan menyampaikan e-informasi sebagai bahan tindak lanjut

30

   

Tim IT

Umum

5

Mengupload surat-surat dinas

30

   

Tim IT

Umum

6

Mempublikasikan putusan yang telah dianonimisasi

 

4

 

Tim IT

Umum

7

Mempublikasikan realiasai keuangan perkara dan APBN

 

2

 

Tim IT

Umum

8

Mempublikasikan usul, realisasi kenaikan pangkat, mutasi jabatan dan hukuman disiplin

 

2

 

Tim IT

Umum

9

Memberikan informaso profil dasar pengadilan

 

2

 

Tim IT

Umum

10

Mengupdate berita yang berkaitan dengan kegiatan pengadilan

 

3

 

Tim IT

Umum

11

Mempublikasikan database asset dan perkara

 

2

 

Tim IT

Umum

12

Mengupdate data sidang panggilan ghoib dan perkara putus serta statistic perkara

   

1

Tim IT

Umum

 

Lama Proses

30

15

1

   

 

Disahkan Oleh:

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi

 

 

Drs. H. Asrori S.H.,M.H.

NIP. 19690402 199303 1 003

mahkamah agung badilum dilmitum badilag JDIH MARI Badan Pengawasan MARI
pembaruan putusan asian lii pedoman perilaku hakim Pengaduan Balitbangkumdil Online
PTA Bandar Lampung PA Tanjung Karang PA Metro PA Kalianda PA Gunung Sugih
PA Tanggamus PA Tulang Bawang PA Krui PA Blambangan Umpu