Chat di WhatsApp

logo website 24 okt 2023

on . Dilihat: 1007

KEGIATAN RAMADHAN 1436 H DI PA KOTABUMI

Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia di sisi Allah yang berlimpah berkah, rahmah dan maghfirah, sebagaimana khutbah Rasulullah: “Sesungguhnya telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kita diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih, tidur kita ibadah, amal kita diterima dan do’a kita di ijabah.”


Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, pengurus musholla Al Mahkamah PA Kotabumi telah menyusun berbagai agenda kegiatan selama bulan Ramadhan antara lain shalat dzuhur berjama’ah, taushiyah ramadhan,  tadarus Al-qur’an, dan buka puasa bersama.

Sholat dzuhur berjama’ah merupakan kegiatan rutin sehari-hari PA Kotabumi,  sehingga pada bulan Ramadhan hanya tinggal melanjutkannya namun selama bulan Ramadhan seluruh pegawai diwajibkan untuk melaksanakan sholat dzuhur secara berjama’ah.

Taushiyah Ramadhan dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis, para Hakim dan pejabat fungsional yang berkompeten dibidang ceramah ditunjuk sebagai penceramah untuk memberikan taushiyah dengan tujuan agar bisa memberikan siraman rohani kepada seluruh pegawai sehingga seluruh pegawai dapat meraih kemenangan pada Ramadhan tahun ini.

Tadarus Al-Qur’an dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu setelah melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah. Ketua PA Kotabumi (Drs. H. Asrori, SH., MH) memandu langsung kegiatan tadarrus Al-Qur’an tersebut. Tadarus   Al-quran dilaksanakan dengan cara membaca secara bergantian dan saling menyimak serta  membetulkan  bacaan  bila   terdapat   kesalahan   dalam   membacanya. Tujuan diadakannya Tadarus Al-qur’an adalah untuk  bertadabbur dalam memahami makna ayat-ayat Allah yang agung dan mulia.

Buka puasa bersama telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2015, bertempat di ruang tunggu sidang. Seluruh keluarga besar PA Kotabumi hadir dalam acara tersebut. Sambil menunggu adzan maghrib, Ketua PA memberikan taushiyah kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah dan berbuka bersama.

Disamping kegiatan-kegiatan tersebut, Ketua PA Kotabumi juga mengikuti kegiatan safari Ramadhan dengan Pemda Kabupaten Lampung Utara. Safari Ramadhan tersebut dilakukan sebanyak 3 kali di Kecamatan yang berbeda. Ketua PA Kotabumi selain sebagai anggota Forkopimda plus juga sebagai salah satu penceramah dalam kegiatan safari Ramadhan tersebut.

Saat ditemui Tim IT di ruang kerjanya Wakil Panitera (Sabrimen, S.Ag., MH) menyampaikan kesan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan sangat positif dan diharapkan mampu menambah kebaikan diri khususnya untuk seluruh pegawai PA Kotabumi.

Salah satu pegawai (Edy Riadi, SH) juga menyampaikan kesan bahwa selama mengikuti kegiatan Ramadhan (taushiyah dan tadarus) merasa banyak mendapatkan ilmu dan pada saat acara buka puasa bersama juga merasakan betapa indahnya persaudaraan dan kebersamaan yang terjalin antar keluarga besar PA Kotabumi. Diakhir kesannya beliau berharap kegiatan tersebut tetap dilaksanakan di Ramadhan-ramadhan yang akan datang. (Alvi S_Tim IT PA.Ktb)

You have no rights to post comments

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.