Login
Register

Home

Profil PA

Transparansi

Layanan Informasi

Link Aplikasi

Arsip

Index Berita
images/banner/1.jpg
Perkara Diterima Hari Ini

Panggilan Perkara Ghaib

Perkara Belum Ambil PSP

SIDANG KELILING TERPADU PA KOTABUMI DIHADIRI DIRBINGANIS

pa- kotabumi.go.id

Selepas menghadiri acara uji coba e-test Capim Pengadilan Agama di aula Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung tanggal 15 maret 2016, Direktur Pembinaan Tenaga Tehnis Badilag MARI bapak DR. H. M. Fauzan, S.H., M.M. M.H atas nama Dirjen Badilag pada hari rabu (16 Maret 2016) menghadiri acara sidang keliling terpadu dalam perkara Itsbat Nikah kerjasama Pengadilan Agama Kotabumi, Kemenag dan Dinas Dukcapil kabupaten Lampung Utara di kecamatan Abung Surakarta kabupaten Lampung Utara.

Acara yang dimulai tepat jam 10.00 WIB itu dihadiri oleh KPTA Bandar Lampung Bapak Drs. H. Mujtahidin, S.H., M.H, Bupati Lampung Utara, Ketua PA sewilayah PTA Bandar Lampung, Forkopimda, Sekda, Para Kepala Dinas, Kepala Badan, Inspektur, Kabag, Camat Ka Kemenag, para KUA, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh adat dan 50 pasangan berserta para saksi peserta Sidang Itsbat beserta undangan lainnya  yang diperkirakan  berjumlah 1000 orang yang hadir.

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi (Drs. H. Asrori. S.H., M.H) dalam laporannya mengungkapkan bahwa sidang Itsbat nikah ini telah berjalan 4 kali, 1 kali tahun 2014, 2 kali tahun 2015 dan 1 kali tahun 2016. 3 kali yang terakhir dilaksanakan berdasarkan amanat Perma Nomor 1 tahun 2015 antara lain dilaksanakan dengan hakim tunggal, langsung BHT dan baik biaya perkara maupun biaya pelaksanaannya ditanggung oleh APBD Kabupaten Lampung Utara. Untuk tahun 2016 telah dianggarkan dalam APBD sebanyak 3 kali kegiatan bahkan akan ditambah dalam APBD P jika animo masyarakat menginginkan.

Dirbinganis Badilag (DR. H. M. Fauzan, S.H., M.M. M.H ) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Sidang Keliling Terpadu ini merupakan salah satu cara untuk melaksanakan Misi Mahkamah Agung RI poin yang kedua yaitu : Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan. Terbitnya Perma Nomor 1 tahun 2015 adalah dalam rangka memberikan hak-hak dasar warga negara yaitu penerbitan akte nikah yang merupakan dasar untuk menerbitkan akta akta lainnya. Ungkap direktur.

Sementara itu, Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara SSTP., M.H dalam sambutan dan sekaligus membuka acara mengungkapkan bahwa acara sidang itsbat nikah terpadu ini sangat menyentuh kepentingan dan kebutuhan dasar masyarakat, oleh karena itu kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi kabupaten lampung utara, sehingga dicanangkan tidak hanya sekolah dan kesehatan yang gratis tapi ditambah satu kegiatan lagi yaitu Itsbat Nikah Gratis, oleh karena itu baik tahun 2015 maupun tahun 2016 kabupaten lampung utara telah menganggarkannya dalam APBD. Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Agama Kotabumi yang telah mampu menjelaskan dan mengkomunikasikannya serta berkoodinasi dengan sangat baik kepada semua pihak sehingga acara ini akan menjadi kegiatan rutin 2 bulan sekali yang digilirkan di setiap kecamatan. Tegas bupati.

Berdasarkan pengamatan Tim IT PA Kotabumi sidang berlangsung hingga jam 13.00 WIB dan berdasarkan laporan ketua panitia bapak Antoni, S.Ag ( Hakim) dan didampingi sekretaris Sabrimen. S,Ag., M.H (Wapan) telah diitsbatkan 50 pasangan dan ini berarti terbit 50 akte nikah serta 144 akte kelahiran yang diterbitkan oleh dinas Dukcapil kabupaten Lampung Utara dari pasangan tersebut. (Tim_IT_PA_Kotabumi)

mahkamah agung badilum dilmitum badilag JDIH MARI Badan Pengawasan MARI
pembaruan putusan asian lii pedoman perilaku hakim Pengaduan Balitbangkumdil Online
PTA Bandar Lampung PA Tanjung Karang PA Metro PA Kalianda PA Gunung Sugih
PA Tanggamus PA Tulang Bawang PA Krui PA Blambangan Umpu