Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Pengadilan Agama Kotabumi

Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
Pengadilan Agama Kotabumi

Delapan Area Perubahan

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan
Delapan Area Perubahan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Aplikasi Info Perkara

Aplikasi sebagai penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat menelusuri data perkara (daftar perkara sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Aplikasi ini dibangun oleh Admin Pengadilan Agama Kotabumi
Aplikasi Info Perkara

Aplikasi SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia. SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.
Aplikasi SIWAS
                             

Berita Seputar Kegiatan Pengadilan Agama Kotabumi

PA Kotabumi Sukses Laksanakan Sidang Isbat Terpadu yang Kelima Kalinya

PA Kotabumi Sukses Laksanakan Sidang Isbat Terpadu yang Kelima Kalinya

www.pa-kotabumi.go.id

Bertempat di lapangan sepak bola di Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara, Pengadilan Agama Kotabumi sukses mengadakan acara Sidang Isbat Nikah Terpadu yang kelima kalinya pada hari Kamis, 12 Mei 2016

Acara yang dimulai pada pukul 09.20 WIB ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung Bapak Dr. H. Empud Mahpudin, SH.,MH., Bupati Lampung Utara, Anggota Dewan, Forkopimda, Para Kadis, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat, Kepala KUA, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Keagamaan Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan dan masyarakat Kecamatan Sungkai Selatan serta 50 pasang peserta sidang, yang seluruhnya diperkirakan dihadiri oleh 800 orang.

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi (Drs. H. Asrori. S.H., M.H) dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa paling tidak ada tiga penyebab utama kenapa banyak orang menikah tapi tidak punya buku nikah. Yang pertama, ada segelintir pemahaman bahwa nikah siri dan nikah dibawah tangan itu sah. Padahal sah tidak nya nikah siri dan nikah dibawah tangan itu harus diperiksa oleh hakim pengadilan agama. Yang jelas nikah dibawah tangan itu tidak memiliki kekuatan hukum.

Yang kedua, mereka yang melakukan nikah siri atau nikah dibawah tangan karena orang tua mereka tidak merestui, lalu menikah dengan wali yang tidak sah. Akibatnya pernikahan tersebut menjadi tidak sah. Seharusnya jika kasus demikian, ada upaya hukum yang dapat dilakukan oleh calon mempelai yang walinya tidak setuju yaitu mengajukan permohonan wali adhol.

Dan yang ketiga, banyak terjadi penyelundupan hukum dalam perkara poligami. Dimana seorang suami yang telah mempunyai istri melakukan pernikahan kepada perempuan lain tanpa izin pengadilan agama. Akhirnya isteri kedua yang dipoligami tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum. Akibatnya ketika ada urusan pemerintahan, yang bersangkutan mengajukan isbat nikah ke pengadilan agama. Untuk kasus seperti ini, pengadilan agama tidak bisa mengisbatkan perkara tersebut, tegas Asrori.

Sementara itu, Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara SSTP., M.H dalam sambutan dan sekaligus membuka acara mengungkapkan bahwa acara sidang itsbat nikah terpadu ini banyak memberi sisi positif. Mulai dari administrasi pendudukan, pengakuan sahnya perkawinan baik dimata agama dan dimata hukum. Oleh karena itu bupati kabupaten lampung utara terus mendukung dan mensupport acara ini. Dan rencananya, tahun depan akan ditambah jumlah pasangan yang akan diisbat nikahkan yang dananya ditanggung oleh APBD daerah.

Seperti biasa, sesuai dengan Perma no 1 Tahun 2015, pada pelaksanaan pelayanan terpadu sidang keliling perkara itsbat nikah, hakim yang bersidang adalah hakim tunggal yang dibantu oleh satu orang Panitera atau Panitera Pengganti. Enam orang hakim Pengadilan Agama Kotabumi yang menyidangkan perkara ini adalah : Ahmad Fernandesz, S.Ag., M.Sy, Antoni Said, S.Ag, H. Mohamad Mumin, S.HI., M.H, Ali Muhtarom, S.H.I., M.H.I., Ahmad Satiri, S.Ag., MH., dan Dr. H. Faisal Saleh, Lc., M.Si.

Secara keseluruhan jalannya sidang berlangsung lancar dan sukses tanpa ada gangguan dan halangan yang berarti. (Tim_IT_PA_Ktbm)


Statistik Perkara Diterima dan Diputus

Jadwal Sidang

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Kotabumi dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



Ikhlas, Profesional, Responsif & Akuntabel