Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Pengadilan Agama Kotabumi

Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
Pengadilan Agama Kotabumi

Delapan Area Perubahan

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan
Delapan Area Perubahan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Aplikasi Info Perkara

Aplikasi sebagai penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat menelusuri data perkara (daftar perkara sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Aplikasi ini dibangun oleh Admin Pengadilan Agama Kotabumi
Aplikasi Info Perkara

Aplikasi SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia. SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.
Aplikasi SIWAS
                             

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris serta jajaran Pengadilan Agama Kotabumi mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H
elamat Hari Raya Idul Fitri
       

Berita Seputar Kegiatan Pengadilan Agama Kotabumi

PENGADILAN AGAMA KOTABUMI KEMBALI SUKSES MELAKSANAKAN SIDANG ITSBAT TERPADU

Kotabumi, 4 Mei 2017, untuk yang kedua kalinya Pengadilan Agama melaksanakan sidang itsbat terpadu bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lampung Utara dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Pada kesempatan kali ini sidang terpadu pelayanan identitas hukum dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sungkai Barat. Kecamatan Sungkai Barat dipilih karena memiliki letak strategis dan kepadatan penduduk yang relatif tinggi sehingga kebutuhan masyarakat akan layanan terpadu iddentitas hukum dan itsbat nikah menjadi skala prioritas pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

nampak wakil ketua Pengadilan Agama Kotabumi duduk pada jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Utara

Acara yang dibuka tepat pukul 9.30 tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa visi dan misi pemerintah Kabupaten Lampung Utara adalah hadir dimasyarakat untuk memberikan layanan, pemerintah hadir untuk mengurangi beban masyarakat dan meningkatkan pendapatan, dan langkah kedepan semua layanan berbasis pada KTP sehingga pelaksanaan itsbat nikah terpadu ini menjadi penting, demikian pungkasnya menutup sambutan sekaligus membuka acara sidang terpadu secara seremonial.

Kemudian Drs. H. Omay Mansur M.Ag, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabumi yang mewakili Ketua Pengadilan Agama Kotabumi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya itsbat nikah untuk kepastian hukum para suami isteri yang sudah menikah namun belum tercatat dan tidak memiliki kutipan buku nikah. Lebih jauh beliau menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan seluruh jajarannya atas kerjasama yang terjalin selama ini sehingga kegiatan itsbat nikah terpadu ini dapat berjalan dengan lancar. 

Sabrimen S.Ag MH selaku sekretaris panitia menyampaikan bahwa sidang istbat kali ini terdiri dari 75 perkara yang disidangkan oleh Hakim Tunggal sebagaimana ketentuan Peraturan Mahkaham Agung Nomor 1 tahun 2015, selanjutnya beliau menerangkan kepada redaktur bahwa persidangan berjalan lancar dan insya Allah minggu depan kami akan melaksanakan untuk yang ke tiga kalinya di Kecamatan Tanjungraja dengan jumlah perkara yang sama, “semoga lancar juga:”. Demikian pungkasnya menutup pembicaraan.

Sidang itsbat nikah ini selesai tepat pukul 12.15 menit, namun pengunjung masih banyak yang hadir karena masih menunggu pelayanan keliling KTP elektronik oleh Dinas Kependudukan  dan Catatan Sipil, yang  betul betul hadir untuk melayani. Tim_IT_PA.Ktbm.


Statistik Perkara Diterima dan Diputus

Jadwal Sidang

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

ColorsPencarian cepat Dokumen Putusan Pengadilan Agama Kotabumi dan Pengadilan Lainnya di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



Ikhlas, Profesional, Responsif & Akuntabel