logo

Ditulis oleh Judge55 on . Dilihat: 28289

TEKNIS ADMINISTRASI DAN YUDISIAL
DALAM BANTUAN BIAYA PERKARA PRODEO
Oleh : Isep Rizal Muharam
(Hakim PA Kotabumi)
 
Ada dua jenis perkara prodeo pada pengadilan. Pertama, perkara prodeo yang dibiayai oleh negara melalui DIPA, kedua, perkara prodeo yang tidak dibiayai (prodeo murni). Kedua jenis perkara prodeo tersebut pada intinya sama yaitu Pembebasan pihak berperkara dari biaya perkara, tetapi berbeda dalam teknis yudisial dan teknis administrasinya.
Dalam kategori teknis yustisial dan juga teknis administrasi penangan perkara prodeo murni hampir tidak menemukan multi tafsir, tetapi sangat berbeda sekali dengan penangan perkara prodeo yang dibiayai dari DIPA yang sering menimbulkan multi tafsir, meskipun telah ada juklaknya.
Adanya multi tafsir tersebut jelas akan menimbulkan preseden atas akuntabilitas, kredibiltas dan transfaransi lembaga peradilan, mengapa ? karena perkara prodeo yang dibiayai DIPA terdapat uang negara/APBN yang harus dipertanggungjawabkan.
Sebagai bahan diskusi, Makalah ini mencoba mendekati masalah perkara prodeo dari DIPA dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan teoritis, pendekatan deskriptif dan pendekatan yang berhubungan dengan permasalahan.
 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.