logo

on . Dilihat: 579

Bawas Mahkamah Agung Lakukan Pemeriksaan di PA Kotabumi

Badan Pengawas Mahkamah Agung RI (Bawas MA RI) melakukan pengawasan di Pengadilan Agama Kotabumi pada hari senin-jumat (26-30/10/2015). Pengawasan ini, merupakan pengawasan reguler untuk mengetahui bagaimana manajemen peradilan di PA Kotabumi berjalan serta bagian kepaniteraan dan kesekretariatan.

Sesuai dengan Surat Tugas dari Kepala Bawas MA RI nomor 456/BP/ST/X/2015 yang menugaskan lima orang untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan di PA Kotabumi, yaitu Drs. H. Ahmad Yunus, MH, selaku Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas MA RI, ditunjuk sebagai ketua, anggota tim yaitu A. Syaifullah, SH yang menjabat sebagai Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas MA RI, dan Muhammad Adzkiya, SE., M.Acc, yang menjabat sebagai Auditor pada Bawas MA RI. Selaku sekretaris dalam tim pengawasan ini Dra. Any Dyah Wijayanti (Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana pada Sekretariat Bawas MA RI), serta staf pemerika Dwi Wulan Indriani, S.Psi (staf pada Bawas MA RI).

 

Selain melakukan pengawasan reguler pada PA Kotabumi, tim pepengawas Bawas MA RI juga ditugasi untuk menindak lanjuti hasil pemeriksaan/temuan BPK, BPKP dan SIMAK-BMN serta memantau Pelaksanaan SK KMA Nomor 076/KMA/VI/2009. Pengawasan dilakukan di bidang manajemen peradilan (program kerja), administrasi perkara (register perkara dan pembukuan), administrasi persidangan dan pelaksanaan putusan (berita acara sidang dan putusan hakim), kinerja pelayanan publik dan administrasi umum (kepegawaian, umum, keuangan dan IT).

 

Untuk melancarkan jalannya pengawasan, PA Kotabumi menyediakan dua ruangan untuk tim pengawas melakukan pengawasan, yaitu ruang sidang 2, dan ruang mediasi.

 

Hasil pengawasan oleh tim pengawas selanjutnya di sampaikan pada hari kamis (29/10/2010). Bertempat di ruang sidang 1 PA Kotabumi yang dihadiri oleh Hakim, Pansek, Pejabat Struktural dan Fungsional Serta Staf PA Kotabumi. Ekspos hasil temuan tim pengawas ini dimulai pada jam 10.00 WIB yang dipimpin oleh ketua tim pemeriksa, dan didampingi oleh Ketua PA Kotabumi, ekspos hasil temuan ini berlansung dengan khidmat selama 2 jam.

 

Pada pembukaan ekspos, ketua tim pengawas memuji bahwa pelaksanaan manajemen di PA Kotabumi sudah berlangsung dengan baik. Ini dilihat dari tidak banyaknya temuan dalam pengawasan. Selanjutnya, temuan-temuan disampaikan secara bergantian oleh tim pengawas sekaligus memberikan pengarahan agar pelaksanaan manajemen di kantor semakin baik.

 

Acara ekspos ini ditutup dengan penyerahan dokumen hasil temuan dari ketua tim pengawas kepada ketua PA Kotabumi. Ketua PA Kotabumi, Drs. H. Asrori, S.H., M.H., mengucapkan terimakasih atas pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh tim pemeriksa dan segera menindaklanjuti hasil temuan dari tim pemeriksa ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan fotobersama di depan gedung PA Kotabumi. (tim_it_PA_Ktbm)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.