logo

Ditulis oleh Septian Hermawan on . Dilihat: 270

Tingkatkan Kinerja, PA Kotabumi Ajak Seluruh Pegawai Pedomani SAPM

KOTABUMI- Pengadilan Agama Kotabumi menggelar rapat evaluasi bulanan bersama seluruh jajaran kepegawaian di ruang Pengadilan Abu Bakar Siddiq, Selasa, 8 Mei 2018. Rapat tersebut dihadiri oleh Para Hakim, Panitera, Jurusita, Bagian Kepegawaian, Bagian Keuangan, hingga Bagian Umum dan seluruh jajaran pegawai non struktural.

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi, H. Zumrowi, S.Ag mengatakan rapat evaluasi ini bertujuan sebagai sarana untuk mengetahui laporan kinerja pegawai dari rendah sampai yang tertinggi. Selain itu rapat evaluasi ini juga memiliki manfaat sangat baik bagi keberlangsungan kinerja pegawai dari setiap divisi. "Saya akan memeriksa laporan pertanggungjawaban kerja pegawai berdasarkan sasaran kinerja pegawai yang telah ditandatangani di awal tahun," katanya di Ruang Sidang Abu Bakar Siddiq, Selasa, 8 Mei 2018.

Zumrowi menuturkan, setiap divisi juga perlu melaporkan perkembangan hasil kerja di masing-masing divisinya. Menurut dia, salah satu contohnya, di bidang kepaniteraan. Masing-masing penanggungjawab di bidang ini harus tahu berapa perkara yang sudah masuk, dan berapa perkara yang sudah diputus. "Kita harus tau progresnya sampai sejauh mana," katanya.

Berdasarkan pantauan, dalam kesempatan rapat itu Zumrowi meminta laporan setiap bagian dan meminta penanggungjawab untuk mempresentasikan progres serta hambatan yang terjadi selama melaksanakan pekerjaannya. Bahkan, dalam rapat itu, Zumrowi juga tak segan mengingatkan pegawai yang belum maksimal dalam melakukan tugasnya. "Beberapa bulan lalu saya mengeluh karena banyak perkara yang alamatnya, detail dan kronologi perkaranya yang tidak jelas. Saya harap ini sudah bisa diselesaikan," tuturnya.

Untuk memenuhi semua kebutuhan pekerjaan, Zumrowi meminta agar setiap pegawai mempedomani setiap Peraturan Mahkamah Agung, serta produk hukum lainnya. Tak hanya itu, menurut Zumrowi, yang paling penting rujukan untuk bekerja setiap itu adalah Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). "Apalagi bulan November 2018 mendatang, di Pengadilan Agama Kotabumi akan dilakukan penilaian kembali terkait dengan penerapan SAPM," katanya. Penilaian ini pun, kata Zumrowi tentu akan memengaruhi akreditasi maupun kelas dari Pengadilan Agama Kotabumi.

Tidak hanya itu, dalam rapat tersebut Zumrowi mempersilakan peserta rapat untuk berbagi pendapat untuk keberlangsungan Pengadilan Agama Kotabumi ke depan. Dia berharap agar semua pegawai memberikan ide, usulan maupun gagasan untuk kemajuaan pengadilan.

Menanggapi hal itu, Hakim Agama Kotabumi, Mu'min, S.Hi, M.H memberikan usulan agar setiap pegawai fokus untuk mengerjakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. Ia menegaskan, agar tidak ada pegawai yang ikut campur untuk urusan kerja yang bukan pekerjaannya. "Mari sama-sama kita bekerjaa sesuai tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga tidak ada yang sibuk mengurusi pekerjaan yang lain," ucapnya.

Selain itu, Hakim Pengadilan Agama Kotabumi, Ahmad Satiri, S.Ag, M.H memberikan masukan kepada peserta rapat agar senantiasa menjaga semangat dalam bekerja. Sebab, menurut dia perlu ada keseriusan dalam menanggapi semua pekerjaan yang sudah diamanatkan termasuk untuk mensukseskan penilaian SAPM di waktu mendatang. "SAPM itu hal yang mudah jika kita mau mengerjakannya," katanya.

Pada akhir rapat, Satiri meminta agar hasil rapat tersebut juga dapat ditindaklanjuti di rapat-rapat selanjutnya. Ia berharap, agar semua ide dan gagasan itu tidak hanya menjadi formalitas semata. "Saya ingin agar ada tindaklanjut yang nyata dari semua pegawai. Bahkan, ini perlu dilihat progresnya pada rapat-rapat berikutnya," ucapnya. (TIM IT PA KOTABUMI)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.