logo

Ditulis oleh Septian Hermawan on . Dilihat: 158

Sidang Keliling di Abung Semuli, Ketua PA Kotabumi: Wujud Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan

KOTABUMI- Dalam rangka mewujudkan program pelayanan hukum bagi seluruh lapisan masyarakat (justice for all), Pengadilan Agama Kotabumi kembali menggelar Sidang Keliling di Aula Kecamatan Abung Semuli, Lampung Utara, pada Selasa, 03 Juli 2018.

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi, H. Zumrowi, S.Ag mengatakan, agenda sidang keliling ini merupakan agenda rutinitas mingguan dalam melayani masyarakat yang sedang berpekara. Menurutnya, sidang keliling dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Kamis. "Tujuannya untuk mempermudah proses persidangan," katanya di Aula Kecamatan Abung Semuli.

Zumrowi menuturkan, ada enam perkara yang disidangkan pada kesempatan sidang keliling tersebut. Ia menjelaskan, rincian persidangan itu, lima di antaranya persidangan terkait dengan proses perceraian. "Sedangkan satu di antaranya adalah sidang Itsbat Nikah (pengesahan nikah)," ucapnya.

Ia menjelaskan, persidangan yang berlangsung selama dua jam itu berjalan lancar tanpa hambatan. Hanya saja, kata Zumrowi, ada satu pemohon (pihak berperkara) yang tidak hadir dalam sidang keliling tersebut. "Kendalanya belum diketahui," katanya.

Untuk menanggapi hal itu, Zumrowi mengatakan, akan berkoordinasi dengan Panitera Pengganti agar menjadwal ulang proses sidang pada waktu mendatang.  Sebagai tindak lanjut, biasanya Panitera Pengganti akan menyampaikan langsung kepada Juru Sita Pengganti untuk segera memberitahukan kepada para pihak yang tidak hadir dalam sidang itu. "Jadi sidangnya kami tunda sekira satu pekan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa sidang keliling merupakan sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya.

Zumrowi mengingatkan, bahwa manfaat sidang keliling sendiri tidak hanya sekadar sarana proses persidangan yang bermanfaat memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, tetapi juga menjadi media mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan serta meningkatkan kesadaran hukum. "Sebab, masih banyak  yang abai terkait pentingnya hukum," ujarnya.

Lebih jauh Zumrowi mengatakan, dalam prosesnya, tidak ada perbedaan antara Sidang Keliling maupun Sidang di Pengadilan Agama Kotabumi. Keduanya, kata Zumrowi, memiliki prosedur yang sama mulai dari instrumen yang dibutuhkankan hingga produk hukum yang dihasilkan. "Semua tata cara kerjanya berdasarkan pada peraturan dan perundang-undangan yang ada," tuturnya.

(ABDUL AZIS/M.RIDHO/TIM IT PA KOTABUMI)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE