logopakobumbaru

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Selamat Datang Di website Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses informasi bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Di website Pengadilan Agama Kotabumi

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

9 Aplikasi Oleh Dirjen Badilag

Peluncuran 9 Aplikasi oleh Ketua Mahkamah Agung RI: Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH, MH.; serta Presentasi 9 Aplikasi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama: Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H.
9 Aplikasi Oleh Dirjen Badilag

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

E-COURT

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. || e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan) || e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online) || e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online).
E-COURT

Anti Gratifikasi

Laporkan Setiap Pelanggaran Gratifikasi yang anda Ketahui !!!
Anti Gratifikasi

Anti Korupsi

Pengadilan Agama Kotabumi mendukung sikap anti korupsi. Laporkan segala tindakan korupsi ke https://siwas.mahkamahagung.go.id
Anti Korupsi

Zona Integritas (ZI)

Menjadi salah satu progam prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Peradilan Agama
Zona Integritas (ZI)

jadwal sidangPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp2 Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

directori putusanPublikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

biayaEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

APLIKASI PENDUKUNG PENGADILAN

pengaduan   simari   komdanas   sipp   silara

 

sikep   abs   lpse   jdih   perpus 

 

istbat 24 10 19b

Sidang isbat nikah terpadu terlaksana atas kerjasama antara Pengadilan Agama Kotabumi. Pemda lampung Utara/ Dinas Dukcapil dan KUA Kecamatan Sungkai Tengah, dengan tupoksi masing-masing, Pengadilan Agama memeriksa perkara, KUA menerbitkan buku nikah bagi pasangan yang dinyatakan sah perkawinannya oleh hakim pemeriksa perkara dan Dinas Dukcapil menerbitkan akta kelahiran bagi anak-anak pasangan yang isbat nikah yang telah dinyatakan sah pernikahannya dan telah memperoleh buku nikah. Sehingga pada hari itu juga masyarakat dapat menerima tiga hal yaitu penetapan pengesahan nikah dari pengadilan, buku nikah dari KUA dan akta kelahiran dari dinas Dukcapil.

Untuk menyidangkan seratus perkara, Pengadilan Agama Kotabumi menugaskan lima orang hakimnya dalam sidang hakim tunggal didampingi panitera pengganti, setelah melakukan pemeriksaan secara maraton seratus perkara yang disidangkan hari itu akhirnya selesai dan sebagian besar perkara dikabulkan, meskipun ada beberapa perkara yang ditolak.

Rasa bahagia dan syukur terpancar dari wajah-wajah pasangan nikah sirri yang telah disahkan pernikahannya, betapa tidak mereka sangat terbantu karena tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pengadilan agama untuk mengajukan perkaranya karena sidang dilangsungkan di tempat mereka, lagipula semua biaya ditanggung oleh Pemda Lampung Utara alias gratis dan yang terpenting mereka sangat legah karena pernikahan mereka telah diakui oleh negara dan memunculkan hak-hak keperdataan yang sebelumnya tidak mereka miliki. (Rs)

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Beracara

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Prosedur Beracara

pengaduanSebagai Badan Pelaksana Kekuasaan Kehakiman bagi rakyat pencari keadilan ialah menerima, memeriksa dan memutuskan setiap perkara yang diajukan kepadanya, termasuk didalamnya menyelesaikan perkara voluntair.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.