logo

Ditulis oleh Judge55 on . Dilihat: 147

istbat 24 10 19a

Kamis tanggal 24 Oktober 2019, bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Kecamatan Sungkai Tengah Lampung Utara, Pengadilan Agama Kotabumi untuk kali kedua di tahun 2019 melaksanakan sidang isbat nikah terpadu terhadap seratus pasangan nikah sirri yaitu pasangan yang telah menikah namun tidak memiliki buku nikah karena pernikahannya tidak tercatat di kantor urusan agama setempat.

istbat 24 10 19b

Sidang isbat nikah terpadu terlaksana atas kerjasama antara Pengadilan Agama Kotabumi. Pemda lampung Utara/ Dinas Dukcapil dan KUA Kecamatan Sungkai Tengah, dengan tupoksi masing-masing, Pengadilan Agama memeriksa perkara, KUA menerbitkan buku nikah bagi pasangan yang dinyatakan sah perkawinannya oleh hakim pemeriksa perkara dan Dinas Dukcapil menerbitkan akta kelahiran bagi anak-anak pasangan yang isbat nikah yang telah dinyatakan sah pernikahannya dan telah memperoleh buku nikah. Sehingga pada hari itu juga masyarakat dapat menerima tiga hal yaitu penetapan pengesahan nikah dari pengadilan, buku nikah dari KUA dan akta kelahiran dari dinas Dukcapil.

Untuk menyidangkan seratus perkara, Pengadilan Agama Kotabumi menugaskan lima orang hakimnya dalam sidang hakim tunggal didampingi panitera pengganti, setelah melakukan pemeriksaan secara maraton seratus perkara yang disidangkan hari itu akhirnya selesai dan sebagian besar perkara dikabulkan, meskipun ada beberapa perkara yang ditolak.

Rasa bahagia dan syukur terpancar dari wajah-wajah pasangan nikah sirri yang telah disahkan pernikahannya, betapa tidak mereka sangat terbantu karena tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pengadilan agama untuk mengajukan perkaranya karena sidang dilangsungkan di tempat mereka, lagipula semua biaya ditanggung oleh Pemda Lampung Utara alias gratis dan yang terpenting mereka sangat legah karena pernikahan mereka telah diakui oleh negara dan memunculkan hak-hak keperdataan yang sebelumnya tidak mereka miliki. (Rs)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.