logopakobumbaru

Ditulis oleh Marantika Puspita Sari on . Dilihat: 156

SUKSES PELAKSANAAN EKSEKUSI ANAK OLEH PENGADILAN AGAMA KOTABUMI KELAS II

 

eksekusi1eksekusi3

Kotabumi, 23 September 2020 - Dalam hal suatu perkawinan sudah putus karena perceraian, tidaklah mengakibatkan hubungan antara orangtua (suami dan isteri yang telah bercerai) dan anak-anak yang lahir dari perkawinan tersebut menjadi putus juga. Sebab dengan tegas telah diatur bahwa suami dan isteri yang telah bercerai tetap mempunyai kewajiban sebagai orangtua yaitu untuk memelihara dan mendidik anak-anaknya, termasuk dalam hal pembiayaan yang timbul dari pemeliharaan dan pendidikan dari anak tersebut. Dalam mengurus dan melaksanakan kepentingan dan pemeliharaan atas anak tersebut baik secara materi, pendidikan, jasmani dan rohani dari anak.

Perlindungan anak dalam hal orangtuanya bercerai sangat erat kaitannya dengan kekuasaan orangtuanya walaupun perkawinan telah putus oleh karena perceraian. Perceraian yang dilakukan oleh seorang suami dan isteri menimbulkan akibat terhadap anak-anaknya baik secara moril maupun materil. Secara moril bahwa anak-anaknya tersebut menanggung konsekuensi bahwa kedua orangtuanya tidak bersama lagi dalam suatu rumah tangga dan otomatis perhatian dan kasih sayang yang tercurah pada anak tidak seperti saat berkumpul dulu. Secara materil ialah diberikan nafkah, yang menjadi hak seorang anak yang didapat dari kedua orangtuanya.

Hal tersebut seperti yang dialami oleh QA anak yang masih berusia 2 tahun 06 bulan yang menjadi korban kasus hukum perebutan hak asuh anak akibat perceraian dari kedua orangtuanya. Berinisial DE (Ibu Kandung) dengan SO (ayah kandung) karena menjadi sengketa orangtuanya yang bercerai, anak tersebut harus dieksekusi dari SO sebagai ayah kandungnya.

eksekusi4

Panitera Pengadilan Agama Kotabumi ibu Hj. Soleha, S.Ag.,M.H menjelaskan pelaksanaan eksekusi ini merupakan putusan dari Pengadilan Agama Tanjung Karang No. 001/Pdt.G.Eks/2020/PA. Tnk tanggal 11 Juni 2020 yang telah dikuatkan oleh putusan tingkat banding Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dengan nomor perkara 0014/Pdt.G/2019/PTA. Bdl tanggal 30 April 2019 yang menetapkan bahwa anak kandung Penggugat dan Tergugat yang bernama QA berada dalam pengasuhan/hadhanah ibu kandungnya (Pemohon Eksekusi) dan anak tersebut tinggal bersama (Termohon Eksekusi I). Sehubungan anak tersebut diasuh oleh para tereksekusi yang beralamat Keluarahan Tanjung Aman Kabupaten Lampung Utara, maka Pelaksanaan Eksekusi tersebut berada di wilayah Pengadilan Agama Kotabumi maka Pengadilan Agama Tanjung Karang memohon bantuan Pengadilan Agama Kotabumi untuk melaksanakan eksekusi.

Berkaitan dengan hal tersebut Pelaksanaan eksekusi anak dilaksanakan berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Agama Kotabumi tanggal 07 September 2020. Adapun pelaksanaan eksekusi dipimpin langsung oleh Panitera Pengadilan Agama Kotabumi ibu Hj. Soleha, S.Ag.,M.H dan Jurusita Rusli Burhan, S.H dengan didampingi oleh Lurah Kelurahan Tanjung Aman Ahmad Taslim, S.Kom., M.M dan keamanan dari Polres Lampung Utara beserta anggotanya.

eksekusi2

Pada hari Rabu tangal 23 September 2020 pukul 09.00 WIB s.d Pukul 14.00 WIB eksekusi anak dilaksanakan, hadir dalam kesempatan tersebut Pemohon Eksekusi, Termohon Eksekusi II, Termohon Eksekusi III dan Termohon Eksekusi IV. Setelah melalui proses yang cukup alot dan panjang para pihak Termohon eksekusi bersedia untuk menyerahkan anak yang ada dalam kekuasaannya kepada Pihak Pemohon Eksekusi.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.