logopakobumbaru

Ditulis oleh Aprina Chintya on . Dilihat: 59

PA Kotabumi Laksanakan Pemeriksaan Setempat di Kecamatan Bukit Kemuning 

Kamis (13/11), Majelis Hakim Pengadilan Agama Kotabumi melaksanakan pemeriksaan setempat atau descente (plaatselijke opneming en onderzoek, site visit investigation) dengan dibantu oleh panitera pengganti dan jurusita pengganti Pengadilan Agama Kotabumi. Pemeriksaan ini dilaksanakan terhadap sejumlah objek sengketa dalam perkara waris Nomor 260/Pdt.G/2020/PA.Ktbm yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Agama Kotabumi tanggal 15 Mei 2020.

b49dee1e e7b1 40bf b530 b2f7a8eed28c

Setelah melakukan berbagai persiapan, sekitar pukul 10.00 WIB, Pemeriksaan Setempat dilaksanankan dengan Tim yang terdiri dari Rohmat, S.Ag., M.H., sebagai Ketua Majelis, M. Ridho, S.Sy, dan Ardhi Barkah Apandi sebagai hakim anggota dan dibantu oleh Teti Pitriani, S.H.I. selaku Panitera Pengganti dan Juru Sita Pengganti. Sidang tersebut dihadiri oleh Penggugat dan Tergugat, selain itu hadir juga di lokasi sidang Pemeriksaan Setempat Kepala  Desa Sido Mulyo Kelurahan Bukit Kemuning, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara ikut dalam proses sidang Pemeriksaan Setempat tersebut.

Setelah menyampaikan maksud kedatangan tim dan membuka sidang, Majelis Hakim langsung menuju obyek sengketa yang terdiri dari sebidang tanah yang di atasnya ada satu buah rumah dan sebidang tanah serta sawah yang jaraknya sekitar 45 km dari kantor PA Kotabumi yang untuk sampai ke lokasi tersebut diperlukan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam.

f0fecf9e 2d7c 47d7 b44f 02d41847bf11

Kemudian Tim langsung melakukan pengukuran sebidang tanah yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas tanah yang sebenarnya dan mengecek batas-batasnya, dilanjutkan dengan mengukur luas rumah permanen yang berdiri di tanah tersebut. Meskipun pemeriksaan setempat bukan alat bukti sebagaimana Pasal 164 HIR, tetapi oleh karena tujuannya agar hakim memperoleh kepastian peristiwa yang disengketakan, maka fungsi pemeriksaan setempat hakekatnya adalah sebagai alat bukti. Setelah berlangsung dengan aman dan tertib selama lebih kurang 2 jam dan dirasa cukup, maka Majelis Hakim menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu. (AC)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.