logopakobumbaru

Ditulis oleh Aprina Chintya on . Dilihat: 76

Hakim PA Kotabumi Kembali Berhasil Damaikan Sengketa Para Pihak

Jum'at (13/11), salah satu hakim mediator Pengadilan Agama Kotabumi yaitu Ardhi Barkah Apandi, S.H berhasil mendamaikan para pihak pada perkara nomor 790/Pdt.G/2020/PA.Ktbm tentang Cerai Gugat. Meskipun dengan usaha panjang, namun akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri perkaranya melalui jalur damai. Hal itu merupakan bentuk iktikad baik kedua belah pihak dan usaha dari hakim mediator yang berjuang gigih untuk mendamaikan para pihak.

Keberhasilan mediasi ini bukan pertama kalinya di Pengadilan Agama Kotabumi. Sepanjang tahun 2020, ada 13 perkara yang berhasil  dan berakhir dengan cabut ataupun dituangkan dalam akta perdamaian. Angka ini tentu sangat tinggi karena jumlah perkara yang dapat dimediasi di Pengadilan Agama Kotabumi juga tidak banyak dan jenis perkara yang diajukan sangat bervariasi.

dbb77436 ebc1 46fb b42b 709c9789dc65

"Memang tidak mudah untuk bisa mendamaikan para pihak yang berperkara apalagi permasalahan rumah tangga diantara para pihak yang terbilang rumit dan sudah banyak penyebab konfliknya. Mediasi berhasil tergantung pada para pihak itu sendiri, mediator hanya membantu mencari inti dari permasalahan, dan kemudian memfasilitasi dalam mengomunikasikan, sehingga bisa tercipta solusi yang bisa diterima oleh para pihak dan dituangkan dalam kesepakatan perdamaian. Mediator sendiri sebagai penengah hanya bersifat netral dan tidak boleh memihak apalagi memaksa untuk membuat suatu kesepakatan," ungkap Ardhi Barkah Apandi. 

Sementara itu, menurut Eka Fitri Hidayati, S.H., hakim mediator yang juga berhasil mendamaikan para pihak dalam perkara Cerai Talak Nomor 680/Pdt.G/2020/Pa.Ktbm, keberhasilan mediasi dalam perkara cerai jauh lebih rendah dibandingan dengan perkara lain. Hal ini disebabkan karena masalah rumah tangga adalah masalah hati yang tidak bisa dipaksakan. Meskipun demikian, jam terbang mediator juga sangat berpengaruh berpengaruh dalam proses mediasi. (AC)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.