logopakobumbaru

Ditulis oleh Septian Hermawan on . Dilihat: 59

Rapat Evaluasi Bulanan, Pengadilan Agama Kotabumi Soroti Kinerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan

Kotabumi- Pengadilan Agama Kotabumi menggelar rapat koordinasi bulanan pada hari ini, Kamis, 01 September 2021. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabumi yang juga dihadiri oleh para hakim beserta pejabat fungsional maupun struktural dan seluruh karyawan.

Ketua Pengadilan Agama Kotabumi Rohmat, S.Ag., M.H. mengatakan, bahwa dalam agenda rapat tersebut akan membahas mengenai perkembangan implementasi zona integritas serta kondisi terbaru kepaniteraan dan kesekretariatan. Menurutnya, masing-masing dari bagian akan melaporkan apa saja yang sudah dilaksanakan selama satu bulan terakhir. "Kami minta juga nanti penjelasan dari Kasubag maupun Panmud yang ada," ujarnya di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabumi.

1

Ia menuturkan, mengenai perkembangan zona integritas, seluruh pegawai sudah seharusnya meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan. Sebab, sejauh ini tidak menutup kemungkinan bahwa pengawas dari mahkamah agung telah mengunjungi pelayanan di satuan kerja kita. "Kita harus mengubah cara pelayanan menjadi lebih baik, terutama dari petugas pelayanannya, jangan ada yang bermain perkara," ucapnya.

Sementara itu, Panitera Pengadilan Agama Kotabumi H. Soleha, S.Ag. MH. dalam evaluasinya menyampaikan selama Agustus 2021 terdapat perubahan terkait penunjukan jurusita. Ia berujar, untuk bulan ini hingga berikutnya, penunjukan pemanggilan jurusita ditentukan berdasarkan wilayah radius yang telah disepakati. "Ini berdasarkan hasil rapat beberapa hari lalu bersama sejumlah pejabat di keaniteraan," katanya.

2

Tidak hanya itu, Soleha juga menyebutkan jika dalam kesempatan itu,  para panmud permohonan dan gugatan merinci jumlah perkara yang terdaftar dan putus dari Januari hingga Agustus 2021. Panmud Gugatan megatakan ada 714 perkara gugatan yang diterima dan 619 perkara yang telah putus, sedangkan 95 perjara masih dalam proses persidangan. " Untuk perkara permohonan ada 162 yang diterima dan 158 perkara yang telah putus," tuturnya.

Adapun Sekretaris Pengadilan Agama Kotabumi,  Aswari Humpara, S.Ag. M.H. mengatakan, bahwa sampai hari ini laporan keuangan sudah banyak yang direalisasikan dan hampir seluruhnya telah dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Agama Kotabumi. Hanya ada beberapa yang belum bisa dilaksanakan karena terkendala teknis. "Di antaranya pembenahan pos satpam dan parkir depan, namun kami juga tetap akan terus berusaha merealisasikannya," ucapnya.

Aswari juga menjelaskan, seluruh kasubag yang ada di Pengadilan Agama Kotabumi telah melaksanakan dan melaporkan seluruh tugas dan pekerjaannya masing-masing. Bahkan, ia juga telah menggelar rapat rutin untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan di kesekretariatan. "Terutama kami akan memperbaiki sistem internet dan wifi agar menjadi lebih baik lagi," ujarnya. (Abdul Azis)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.