logopakobumbaru

Ditulis oleh ARDHI BARKAH APANDI, S.H. on . Dilihat: 47

Pertajam Pelayanan Secara Elektronik, Pengadilan Agama Kotabumi Kembali Sosialisasikan SOP E-Court
 
 IMG 20210916 WA0021
 
KOTABUMI- Pengadilan Agama Kotabumi melakukan sosialisasi SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam menangani perkara yang didaftarkan secara elektronik atau biasa disebut e-court. Kegiatan ini dilaksanakan di hadapan seluruh Hakim, Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti serta Jurusita dan Jurusita Pengganti dengan tujuan menyelaraskan serta memudahkan proses pengontrolan pada setiap prosedur kerja.
 
Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabumi Uswatun Hasanah, S.HI. M.H. menjelaskan bahwa SOP E-court perlu disosialisasikan agar para petugas memiliki panduan dalam menjalankan pelayanan perkara berbasis internet tersebut. Sebab dari sisi penanganan, kata dia, perkara E-court sendiri memiliki perbedaan yang sangat signikfikan dengan perkara yang didaftar secara manual. "Oleh karenanya setiap petugas pelayanan harus paham cara kerjanya," ujarnya di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabumi, Kamis, 16 September 2021.
 
Untuk mempermudah pelaksanaan SOP di lapangan, dalam sosialisasi itu turut dipraktekan juga tahapan demi tahapan SOP yang harus dilalui oleh para pihak beperkara. Uswatun menjelaskan secara rinci apa saja yang harus dilakukan baik para pihak maupun oleh petugas yang melayani pendaftaran perkara secara elektronik. "Semuanya harus berpedoman pada Perma 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik," ucapnya.
 
Lebih jauh uswatun menuturkan, layanan E-court ini tidak hanya bisa digunakan oleh pengacara terdaftar tetapi juga bisa dilaksankan oleh masyarakat biasa. Syaratnya yang terpenting adalah para pihak yang beperkara tidak keberatan dan saling setuju untuk pelaksanaan semua layanan  persidangan secara online atau elektornik. "Nantinya, petugas pelayanan harus memberikan petunjuk terkait dengan pembuatan akun E-court," katanya.
 
Sebagaimana diketahui bahwa e-court merupakan layanan yang diterbitkan oleh Mahakamah Agung RI bagi masyarakat pencari keadilan yang dimaksudkan untuk mempermudah pendaftaran perkara secara online, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online, pembayaran secara online, pemanggilan para pihak dengan saluran elektronik, hingga persidangan yang dilakukan secara elektronik. (Abdul Azis)
 
IMG 20210916 WA0023

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.