logopakobumbaru

Ditulis oleh ARDHI BARKAH APANDI, S.H. on . Dilihat: 28

Tindak Lanjuti PPL Mahasiswa IAIN Metro, Hakim PA Kotabumi Gelar Bimbingan Teknis

WhatsApp Image 2021 10 01 at 14.12.04

KOTABUMI- Menindaklanjuti kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Metro, Hakim Pengadilan Agama Kotabumi, Muhammad Ridho. S.Sy dan Ardhi Barkah Apandi, S.H. memberikan bimbingan dan materi terkait dengan Hukum Acara dan Praktik Persidangan di Pengadilan Agama yang bertempat di ruang sidang utama pada Jumat, 08 Oktober 2021.

Ardhi Barkah Apandi S.H. menuturkan dalam pemberian materi tersebut, dimaksudkan agar mahasiswa mendapatkan gambaran secara rinci tentang apa saja yang dilakukan oleh para pihak maupun pegawai di pengadilan selama beperkara. Tak hanya itu, Ardhi menjelaskan rangkaian beperkara mulai dari penerimaan perkara hingga putusan bisa didapatkan oleh para pihak. "Ini agar mempermudah mahasiswa untuk menyesuaikan antara teori yang ada dan praktik di lapangan," ujarnya.

Ardhi memaparkan, ada banyak peraturan yang menjadi landasan hukum acara di pengadilan agama. Peraturan tersebut antara lain bisa berupa undang-undang, Peraturan Mahkamah Agung, hingga Surat Edaran Mahkamah Agung. "Semua peraturan itu tentunya menjadi sumber hukum yang memuat tentang cara bagaimana melaksanakan proses persidangan sesuai dengan perkara yang diajukan oleh pihak beperkara," ucapnya.

WhatsApp Image 2021 10 01 at 14.12.04 1

Adapun Muhammad Ridho, S.Sy dalam pertemuan serupa memaparkan mengenai praktik persidangan di Pengadilan Agama Kotabumi. Menurut dia, dalam praktiknya, persidangan di pengadilan memiliki standar operasional prosedur tertentu yang harus diikuti baik oleh hakim yang bertugas dalam persidangan maupun pihak beperkara. "Yang jelas meskipun secara garis besar tugas pengadilan itu tidak lain adalah menerima, mengadil dan memutus perkara, namun pada prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan," katanya.

Selain itu, pada pelaksanaannya, para petugas maupun hakim yang bersidang tidak serta merta menyidangkan perkara, dalam hal ini petugas maupun hakim terikat dengan hukum acara yang ada. Misalnya, kata Ridho, pada saat sidang pertama hakim tidak langsung memproses memeriksa pokok perkara yang masuk ke Pengadilan Agama. "Ada tahapan lain yang harus dilewati, seperti mediasi para pihak terlebih dahulu untuk kemudian proses sidang bisa dilanjutkan hingga seterusnya ," tuturnya.


ABDUL AZIS

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.