logopakobumbaru

Ditulis oleh ARDHI BARKAH APANDI, S.H. on . Dilihat: 81

Menjelang Penilaian Eksternal APM, PA Kotabumi Gencarkan Pembenahan
 
 
KOTABUMI- Ketua Pengadilan Agama Kotabumi Rohmat, S.Ag., M.H. menginstruksikan seluruh pegawai agar segera melengkapi setiap kekurangan dalam rangka penilaian akreditasi penjaminan mutu (APM) oleh pengawas eksternal beberapa waktu mendatang. Hal itu diutarakan di hadapan para hakim, panitera, sekretaris, serta pejabat struktural dan fungsional dalam rapat evaluasi yang dilaksanakan di ruang sidang utama. "Waktunya sudah mendesak, ini harus segera dimaksimalkan," ujarnya Kamis, 21 Oktober 2021.
 rapat APM 1
 
Adapun hal-hal yang perlu dibenahi, Rohmat berujar, antara lain adalah sarana dan keindahan kantor. Menurutnya, berdasarkan hasil observasi masih ditemui fasilitas pelayanan yang belum sepenuhnya memadai nisalnya saja di ruang sidang perlu disediakan kursi untuk pengunjung sebagaimana tertuang dalam dekorum sidang. "Saya minta kepada bagian umum untuk ditindaklanjuti," ucapnya.
 Rapat APM 2
 
Rohmat menyampaikan, selain ruang sidang, ruang arsip juga haruslah menjadi perhatian khusus bagi jajaran di kepaniteraan. Sebab, selama ini di ruang penyimpanan berkas perkara tersebut masih didapati barang-barang yang tak seharusnya ada di situ. "Tolong, semuanya disterilkan!," katanya.
 
 
Tak hanya itu, Rohmat juga meminta agar pustakawan pengadilan merapikan buku-buku yang masih terlihat menumpuk. Ia berharap, agar nantinya pojok bacaan itu menjadi nyaman untuk dikunjungi oleh para pegawai. "Apalagi ruangannya kan baru dipindahkan, jadi silakan diatur sedemikian rupa," tuturnya.
 
 
Pada saat yang sama, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabumi Uswatun Hasanah, S.H.I., M.H. menambahkan agar bagian umum memperbaharui ruang bermain anak dan pojok laktasi. Ia menilai, kedua ruangan itu sudah saatnya diremajakan. "Seperti terlihat kumuh dan tidak menarik perhatian anak-anak, mohon diperbaiki. Bila perlu untuk ruang laktasi dibikin lebih ramah perempuan," ujarnya.
 IMG 20211021 WA0038
 
Ssbagaimana diketahui, penilaian akreditasi penjaminan mutu oleh pihak eksternal dijadwalkan sekitar akhir Oktober hingga awal November 2021. Ada 7 Area yang menjadi tolok ukur penilaian, yaitu : Kepemimpinan (Leadership), Perencanaan Strategis (Strategic Planning), Fokus Pelanggan (Costumer Focus), Dokumen Sistem (Document System), Manajemen Sumber Daya (Resource Manajemen), Proses Manajemen (Procces Manajemen)m, dan Hasil Kerja (Performance Result).
 
 
ABDUL AZIS

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.