logopakobumbaru

Ditulis oleh ARDHI BARKAH APANDI, S.H. on . Dilihat: 141

Tampil Sebagai Mediator, Ketua PA Kotabumi Berhasil Damaikan Para Pihak yang Hendak Bercerai
 
WhatsApp Image 2021 12 07 at 13.20.17
 
 
KOTABUMI- Ketua Pengadilan Agama Kotabumi, Rohmat, S.Ag. M.H. berhasil mendamaikan para pihak dalam upaya mediasi perkara cerai gugat dengan Nomor Register Perkara 985/Pdt.G/2021/PA.Ktbm. Mediasi tersebut dilaksanakan dengan khidmat oleh Penggugat dan Tergugat di ruang Mediasi Pengadilan Agama Kotabumi pada Selasa, 07 Desember 2021.
 
Rohmat menuturkan, dalam mediasi itu, Penggugat maupun Tergugat diberikan kesempatan untuk menyampaikan mengenai kondisi yang tengah dihadapi dalam rumah tangganya. Lalu sebagai mediator, Rohmat berujar, setelah mendengar penjelasan dari Penggugat dan Tergugat dirinya berupaya untuk mengidentifikasi permasalahannya. "Kita inventarisir dulu satu persatu agar lebih jelas," katanya.
 
Sementara itu, Rohmat mengaku bersyukur dalam menyelesaikan mediasi yang berlangsung singkat tersebut, mengingat para pihak yang terlibat bersikap kooperatif dan tidak berbelit-belit. Sehingga, memudahkan mediator untuk mengurai setiap detail masalah yang menjadi penyebab adanya perselisihan antara Penggugat dan Tergugat. "Ini yang menjadi modal awal suksesnya mediasi para pihak," ucapnya.
 
Rohmat menceritakan bahwa dalam prosesnya, para pihak yang telah menjalankan tahapan mediasi sesuai Perma Nomor 1 Tahun 2016 mengaku bersepakat berdamai serta mengurungkan niatnya untuk bercerai. Menurutnya, komitmen ini terjadi saat mediasi sampai pada tahap mencari alternatif penyelesaian, Penggugat dan Tergugat merasa tercerahkan dan menyatakan akan mencabut perkaranya. "Saya hanya berpesan semoga para pihak dapat merajut kembali rumah tangganya agar menjadi lebih sakinah, mawaddah, dan penuh rahmah," ujarnya 
 
Lebih lanjut, Rohmat menuturkan jika keberhasilan mediasi ini menjadi capaian luar biasa bagi Pengadilan Agama Kotabumi. Ia berharap, agar ke depannya banyak lagi perkara yang bisa diselesaikan melalu proses mediasi tanpa harus berakhir dengan perceraian. "Semakin banyak yang berdamai semakin banyak juga perjalanan rumah tangga masyarakat yang terselamatkan," katanya.
 
 ABDUL AZIS

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.