logopakobumbaru

Ditulis oleh Marantika Puspita Sari on . Dilihat: 428

image awalKotabumi, oleh Hj. Soleha, S.Ag.,M.H - Perceraian tidak hanya berdampak pada pasangan suami istri saja, anak juga akan merasakan dampaknya. Selain menimbulkan dampak psikologis pada anak, perceraian juga akan menimbulkan beberapa perkara baru seperti perebutan hak asuh pada anak. Hal tersebut seperti yang dialami anak ABY yang masih berusia 6 tahun, yang menjadi korban kasus hukum perebutan hak asuh anak akibat perceraian dari kedua orangtuanya berinisial RI (istri) dengan ME (suami) warga Desa Cabang Abung Raya, Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara, karena menjadi sengketa orang tuanya yang bercerai, dia harus di Eksekusi dari ME yang merupakan ayah kandungnya untuk diserahkan pada ibu kandungnya RI, oleh Pengadilan Agama Kotabumi, karena dalam putusan sidang perebutan hak asuh terhadap anak tersebut dimenangkan oleh RI sebagai ibu kandung.

 image 01

Panitera PA KOTABUMI Ibu Hj. Soleha, S.Ag.,M.H memberikan nasehat kepada kedua orangtua ABY "Mantan anak tidak ada, sehingga nanti meski orangtua berpisah anak harus dibimbing sehingga anak tersebut menjadi anak yang sholeh". Ibu Hj. Soleha, S.Ag.,M.H didampingi Jurusita Bpk. Rusli Burhan, S.H dan Kapolsek beserta para anggota pengamanan internal PA KOTABUMI menjelaskan bahwa eksekusi anak merupakan pelaksanaan atas putusan yang telah dijatuhkan oleh Majelis Hakim yang memeriksa perkara tersebut dan putusan itu telah inkrah atau telah berkekuatan hukum tetap. Akan tetapi, pihak Termohon Eksekusi tidak bersedia melaksanakan Putusan Majelis Hakim secara sukarela. Atas dasar hal tersebut pihak Pemohon Eksekusi mengajukan permohonan pelaksanaan eksekusi kepada Ketua PA KOTABUMI. Ketua PA KOTABUMI telah melakukan aanmaning (peringatan) terhadap Termohon Eksekusi agar Termohon melaksanakan putusan Pengadilan secara sukarela (atas kemauan sendiri) namun Termohon Eksekusi tidak bersedia hadir dalam persidangan aanmaning. Berkaitan dengan hal tersebut Panitera PA KOTABUMI Ibu Hj. Soleha, S.Ag.,M.H didampingi oleh Jurusita melaksanakan Eksekusi atau pelaksanaan Putusan PA KOTABUMI.

 

image 2 image 3

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Rabu, 18 Maret 2020 pkl. 10.00 WIB s.d 13.40 WIB Eksekusi anak dilaksanakan. Hadir dalam kesempatan tersebut Pemohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi beserta anak yang ada dalam kekuasaannya, kepala Desa Abung Selatan, serta kepala Kepolisian 3 orang beserta anggotanya. Setelah melalui proses yang cukup alot dan panjang juga tangisan Termohon Eksekusi yang merupakan ayah kandung si anak, Kakek, Nenek akhirnya pihak Termohon Eksekusi bersedia menyerahkan anak yang ada dalam kekuasaannya kepada Pemohon Eksekusi secara sukarela.

image 1

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.