logo

Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses informasi bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Delapan Area Perubahan

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan
Delapan Area Perubahan

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjr

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


Assesor Internal SAPM PA Kotabumi, H. Ahmada Satiri, S.Ag, M.H memaparkan, ada beberapa indikator yang menjadi prioritas dalam penilaian SAPM. Menurutnya, indikator itu antara lain terkait dengan Administrasi Manajemen, Kesekretariatan, Kepaniteraan, dan Sarana Prasana. "Masing-masing memiliki nilai yang berbeda, namun yang paling tinggi yakni penilaian Administrasi manajemen dengan porsi 40 persen," katanya di Ruang Sidang Abu Bakar siddiq.

Sementara untuk mendapatkan nilai SAPM dengan Predikat A Excelent, menurut Satiri, setidaknya pengadilan  perlu memperoleh nilai 86 hingga 100 persen dari indikator yang ada. Ia berujar, hal ini lebih berat dibanding sistem penilaian SAPM sebelumnya. "Kalau yang dulu itu penilaiannya lebih simpel," ucapnya.


Satiri mencontohkan, salahsatu hal yang akan dinilai oleh assesor eksternal yaitu terkait dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan di Pengadilan Agama Kotabumi. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, Satiri mengatakan pihak pengadilan bisa membuat survey secara manua maupun elektronik. "Misalnya membuat kotak kepuasan masyarakat yang disimpan di setiap meja atau ruang pelayanan," tuturnya.



Lebih lanjut, Satiri menjelaskan, dari survey itu pengadilan bisa mengetahui seberapa besar indeks kepuasan masyarakat. Bahkan, menurutnya dari hasil survey itu juga dapat mengevaluasi di mana kekurangan yang ada. "Intinya kita kan bekerja untuk pelayanan masyarakat," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Satiri menekankan terkait dengan pentingnya persiapan SAPM yang matang agar dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil maksimal.


Tidak hanya itu, Satiri juga menginstruksikan kepada seluruh stakeholder agar melakukan seluruh tahapan persiapan ini dengan baik dan benar. "Tujuan utamanya untuk meningkatan kualitas dan mutu Pengadilan Agama agar terwujudnya pelayanan publik yang maksimal," katanya.

Berdasarkan pentauan Tim IT, dalam kesempatan itu, Satiri juga mengajak seluruh peserta rapat untuk mensimulasikan pemetaan isu dan masalah yang menjadi prioritas untuk pemeriksaan SAPM. Satiri berpsesan agar setiap peserta rapat juga memahami secara komprehensif setiap hal-hal yang berkaitan dengan SAPM.

(ABDUL AZIS/TIM IT)

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Beracara

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Prosedur Beracara

pengaduanSebagai Badan Pelaksana Kekuasaan Kehakiman bagi rakyat pencari keadilan ialah menerima, memeriksa dan memutuskan setiap perkara yang diajukan kepadanya, termasuk didalamnya menyelesaikan perkara voluntair.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.