logo

Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses informasi bagi para pencari keadilan.
Selamat Datang Diwebsite Pengadilan Agama Kotabumi

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Delapan Area Perubahan

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan
Delapan Area Perubahan

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjr

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.



Dalam sambutannya, Zumrowi berpesan agar peserta mahasiswa PPL tersebut tak segan untuk menimba ilmu sebanyak mungkin. Dia menjelaskan, Untuk di kampus, biasanya mahasiswa hanya mengkaji soal teori. "Tapi di sini (Pengadilan Agama) kita langsung praktik," ujarnya di ruang sidang Abu Bakar Siddiq, Senin 20 Agustus 2018.

Menurut Zumrowi, nantinya peserta mahasiswa PPL ini akan ditempatkan di bidang yang berbeda. Zumrowi menuturkan, di Pengadilan Agama ini, ada dua bagian besar organisasi dan tata kerja. "Ada bidang Kesekretariatan dan Kepaniteraan, paling tidak semua bidang itu bisa diketahui secara garis besar oleh para peserta," ucapnya.

Ia berharap, semoga program PPL yang singkat ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, kata dia, program PPL ini bisa jadi kesempatan bagi mahasiswa mempelajari semuanya secara faktual. "Apalagi waktunya sangat singkat hanya 40 hari, makanya jangan sungkan untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang ada," katanya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mahasiswa program Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Husnul Fatarib P.Hd menanggapi penyambutan pihak Pengadilan Agama Kotabumi dengan penuh apresiasi. "Kami menyerahkan sepenuhnya kebijakan pengaturan PPL ini kepada pimpinan," tuturnya.

Husnul meyakini arahan apa pun yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabumi semata untuk kebaikan mahasiswa peserta PPL. Apalagi ini bukan kali pertama Pengadilan Agama Kotabumi menerima peserta PPL dari IAIN METRO. "Arahannya tentu untuk dipedomani oleh seluruh peserta PPL," ujarnya.

(ABDUL AZIS/TIM IT PAKOTABUMI)

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Beracara

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Prosedur Beracara

pengaduanSebagai Badan Pelaksana Kekuasaan Kehakiman bagi rakyat pencari keadilan ialah menerima, memeriksa dan memutuskan setiap perkara yang diajukan kepadanya, termasuk didalamnya menyelesaikan perkara voluntair.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kotabumi

Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 138

Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Lihat Lokasi

Telp :  (0724) 24305

Faks:  (0724) 24305

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.